Minggu, Oktober 05, 2008

Rencana Diskusi Sistem Inovasi di KNRT dan BPPT

Ristek atau Kementerian Negara Riset dan Teknologi (KNRT) tengah menggalang berbagai pihak (termasuk BPPt dan LIPI) mengupas sistem inovasi di Indonesia dan menghimpun saran/masukan tentang apa yang sebaiknya diperkuat ke depan.

Komunitas diskusi sangat perlu dikembangkan, dan akan terdiri dari beragam latar belakang pandangan, kepakaran,maupun tingkat pemahaman yang berbeda. Agar menghasilkan sesuatu yang dapat dijadikan bahan-bahan/dokumen yang lebih “terstruktur” dan bermanfaat bagi penentu kebijakan, maka “muara akhir” perlu lebih terfokus.

Dalam dikusi-diskusi sebelumnya, disepakati bahwa muara tersebut berupa “dokumen” di akhir 2008 yang pada intinya diharapkan bermuatan:

  • Pandangan tentang [pendekatan] sistem inovasi dalam konteks pembangunan Indonesia;

  • Gambaran tentang sistem inovasi di Indonesia dan isu-isu strategisnya;

  • Agenda perbaikan kebijakan ke depan.


Proses Awal
Sehubungan dengan itu, sebagai titik awal diskusi sistem inovasi di Bulan Oktober ini, saya mengusulkan dua agenda paralel, yaitu:

  • Pertukaran informasi, dan pengalaman / pengetahuan di antara partisipan; dan

  • Pemetaan sistem inovasi nasional saat ini.

Untuk tim penyusun dokumen yang akan dihasilkan, silahkan saja dibentuk. Saya mengharapkan komunitas diskusi terus berkembang, dan karenanya siapapun diperbolehkan bergabung, offline maupun online. Jika ada yang memerlukan diskusi awal untuk mengenali / memahami tentang topik ini, silahkan memanfaatkan sumber daya yang ada (hardcopy, softcopy di beberapa lokasi yang saya tunjukkan berikut, maupun kontak dengan berbagai orang). Kalau diperlukan workhop kecil dengan peserta terbatas, rekan-rekan dapat mengatur waktunya. Saya kira cukup banyak yang bersedia menjadi nara sumber atau relawan/relawati fasilitator.


Lokasi Sumber Bahan dan Diskus di Internet
Beberapa sumber berikut di internet saat ini dapat dimanfaatkan. Saya usulkan, pembagian pemanfaatan sumber daya tersebut adalah sebagai berikut:

  • Situs http://www.sin.web.id/ mudah-mudahan dapat dikembangkan terus sebagai ”situs resmi” tentang sistem inovasi di Indonesia (dikelola oleh KNRT);
    Jika Anda jelajahi blog ini dan dua blog terkait lain (http://sistem-inovasi.blogspot.com/ dan http://sisteminovasi.wordpress.com/), dapat ditemukan beberapa bahan untuk diskusi awal tersebut.

  • Blog http://sistem-inovasi.blogspot.com/ dapat dimanfaatkan sebagai blog komunitas untuk mendiskusikan hal mendasar (misalnya konsep) seputar sistem inovasi (dan kebijakan inovasi tentunya) dan isu terkait lain. Referensi, tutorial, bahan pembelajaran dan sejenisnya lebih banyak dibicarakan di sini. Blog ini sebaiknya nanti dikelola oleh komunitas;

  • Blog http://sisteminovasi.wordpress.com/ dapat dimanfaatkan sebagai blog komunitas untuk mendiskusikan isu/topik aktual seputar sistem inovasi (dan kebijakan inovasi tentunya) dan isu terkait lain. Blog ini juga dikelola lebih lanjut oleh komunitas;
    Tentu saja situs resmi dan kedua blog tersebut dapat berfungsi sebagai media informasi-komunikasi yang saling melengkapi.

Selain itu, sudah ada pula lokasi forum diskusi berikut yang dapat dimanfaatkan:



Sumber Personal
Blog ini (http://tatang-taufik.blogspot.com/) merupakan blog personal yang saya kelola. Silahkan kritisi muatannya. Jangan langsung percaya, karena muatan utamanya adalah opini pribadi seputar perbaikan/pengembangan sistem inovasi, kebijakan inovasi, klaster industri, e-development, pemberdayaan masyarakat, dan isu/topik lain yang ingin saya tulis/komentari.

Jika dinilai bermanfaat, silahkan manfaatkan beberapa sumber atau taut seperti tertera pada sidebar, misalnya:

Bahan-bahan tersebut dapat diunduh, dimanfaatkan dan disebarluaskan. Semoga bermanfaat.


Catatan Tambahan
Seperti biasa, untuk memperkaya bahan informasi, Anda dapat menggunakan berbagai mesin pencari di internet. Saya kira kata kunci (keyword) yang tepat untuk topik kita adalah “sistem inovasi” dan/atau “kebijakan inovasi”. Untuk sumber dalam bahasa Inggris, gunakan “innovation system” atau “innovation policy”.

Selain menggunaan mesin pencari yang tersedia di internet, untuk melihat/menelusuri sumber daya dengan beberapa kata kunci atau bergabung dalam “jaringan” dalam topik tertentu Anda juga dapat mengunjungi:



Direktori Blog dan Library:

Banyak tersedia, silahkan coba di antaranya:


Semoga bermanfaat . . . . .

2 comments:

Anonim,  Kamis, Oktober 09, 2008 9:32:00 PM  

Apakah masyarakat umum boleh berpartisipasi, dan bagaimana caranya?
Terimakasih

Tatang Taufik Jumat, Oktober 10, 2008 6:03:00 PM  

Tentu sangat boleh.
Caranya: aktif berpartisipasi boleh melalui blog (misalnya blog ini), forum2 diskusi yang ditunjukkan dalam posting ini dan juga dalam beberapa forum diskusi yang diselenggarakan oleh KNRT, BPPT atau lainnya (biasanya akan diumumkan melalui forum diskusi/mailing list).
Mudah2-an info ini membantu. Terimakasih

KOMENTAR TERAKHIR

TTM => Teman-Teman Mem-blog

Creative Commons License
Blog by Tatang A Taufik is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 United States License.
Based on a work at tatang-taufik.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://tatang-taufik.blogspot.com/.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP