Kamis, September 12, 2013

RELAWAN INDONESIA BERINOVASI : Bagian 1

Periksalah buku kenanganmu semalam, dan engkau akan tahu bahwa engkau masih berhutang kepada manusia dan kehidupan . . . KAHLIL GIBRAN (1833 – 1931) 

Pengantar
Percepatan dan perluasan pembangunan Indonesia agar memberikan hasil-hasil yang progresif dan lebih berkualitas, inklusif dan berkelanjutan memerlukan terobosan-terobosan, inovasi dan partisipasi masyarakat. Berkreasi dan berinovasi perlu menjadi tradisi dan budaya masyarakat. Mendorong kreativitas-keinovasian masyarakat memang seyogyanya menjadi gerakan bersama, "gerakan nasional". Para relawan yang memiliki jiwa kepeloporan, kepemimpinan, semangat pembaruan untuk berbuat nyata membawa perbaikan sesuai dengan kemampuan dan keadaan masing-masing sangatlah diperlukan.


Alasan Utama Mengapa Indonesia Memerlukan Relawan-relawan Indonesia Berinovasi 
Ada beberapa alasan mengapa Indonesia sangat memerlukan "Relawan-relawan Indonesia Berinovasi" dan mengapa ini lah saat yang tepat untuk bergerak. Pertama, secara historis kita belajar bersama bahwa kejayaan beberapa kerajaan di wilayah Nusantara hingga terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak terlepas dari semangat perjuangan dan kerelawanan mereka yang memiliki jiwa kepeloporan, kepemimpinan, semangat kegotongroyongan dan pembaruan untuk berbuat nyata bagi rakyat, bangsa dan negerinya.
Kedua, bukankah salah satu kekayaan Indonesia adalah 'kebhinekaan" dalam beragam bentuk? Pengembangan dan pengelolaan heterogenitas ini memerlukan kesadaran, niat tulus dan upaya cerdas agar mendatangkan kebaikan dan menghindari perselisihan sesuai dengan perkembangan dan tantangan jaman. Nilai-nilai keikhlasan (kerelaan) untuk berbuat nyata bertoleransi, saling menghargai, bahkan saling membantu, saling mendukung bergotongroyong bagi sesama, bagi kelompok yang berbeda dan bagi lingkungan adalah nilai budaya yang perlu dipupuk dan diperkuat terus-menerus, agar tidak lapuk oleh waktu, lekang oleh jaman, tergerus oleh dinamika jaman. Nilai ini adalah salah satu yang senantiasa dimiliki oleh para ksatria masa lalu, para pejuang Bangsa, para pahlawan Negeri.
Ketiga, dari sisi demografis, "statistik" mengungkapkan bahwa perjalanan Bangsa Indonesia tengah memasuki masa-masa keemasan, masa-masa di mana penduduk Indonesia akan semakin didominasi oleh usia produktif. Ini merupakan kesempatan sangat baik, apabila kita memang dapat membawa perkembangan ini menjadi kekuatan kreatif-inovatif Indonesia. Namun, kreativitas-keinovasian tak akan terjadi dengan sendirinya. Perlu ekosistem yang tepat yang mendukungnya. Perlu proses yang membawa individu, masyarakat dan Bangsa Indonesia semakin kreatif-inovatif. Kesemuanya perlu proses pembelajaran dan partisipasi, dimulai dari mereka yang memiliki jiwa keberanian, kepeloporan, semangat sebagai relawan untuk berkontribusi secara nyata.
Partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, khususnya dari generasi muda, untuk memperluas dan mempercepat gerakan Indonesia berinovasi ini seyogyanya tak ditunda. Ini saat yang tepat untuk berpartisiasi, untuk berbuat bagi Indonesia.

Apa Tujuan Gerakan dari para Relawan Indonesia Berinovasi?
Tujuan mempercepat dan memperluas upaya keprakarsaan dan partisipasi sukarela dari

  1. berbagai kalangan dalam pengabdiannya (kontribusi nyatanya) meningkatkan kreativitas- keinovasian, 
  2. generasi muda yang cerdas, kreatif-inovatif, berdedikasi, berniat tulus,dan berperilaku santun 
untuk mengabdi dengan ikhlas dan bekerja dengan hati, untuk belajar, berbuat, berkarya nyata bagi perbaikan di masyarakat dan lingkungannya. 
Bersambung . . . .

2 comments:

Tatang Taufik Sabtu, September 21, 2013 9:20:00 PM  

Lengkapkan dengan : "Salam Inovasi Indonesia" ...:)

KOMENTAR TERAKHIR

TTM => Teman-Teman Mem-blog

Creative Commons License
Blog by Tatang A Taufik is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 United States License.
Based on a work at tatang-taufik.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://tatang-taufik.blogspot.com/.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP