Sabtu, Januari 17, 2009

Mendorong Kreativitas – Inovasi : Selamat Kepada Para Pemenang

Lomba Posting tentang Mendorong Kreativitas – Inovasi telah ditutup. Walaupun banyak yang menyatakan minat untuk berpartisipasi, seperti telah diduga, yang benar-benar merealisasikannya pada lomba periode ini masih terbatas. Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada rekan-rekan yang telah berpartisipasi dan berani menjadi pelopor mendorong kreativitas – inovasi melalui artikel di blog masing-masing. Saya sudah mengunjungi blog rekan-rekan yang menginformasikan berpartisipasi.
Saya teringat konsep yang diperkenalkan oleh Everett Rogers (1962) dalam bukunya Diffusion of Innovations (1962), yang menulis bahwa difusi merupakan proses di mana suatu inovasi dikomunikasikan melalui saluran tertentu sepanjang waktu di antara anggota masyarakat. Konsep ini mengungkapkan tentang bagaimana, mengapa dan pada tingkat berapa cepat suatu gagasan baru atau teknologi tersebar luas dalam suatu budaya. Di sini ia mengungkap adopsi ide atau teknologi yang mengikuti "kurva normal" untuk adopsi inovasi setiap kelompok masyarakat dan "kurva S" sebagai akumulasi adopsinya.
Konsep ini dkembangkan lebih lanjut oleh Geoffrey A Moore, yang menulis buku Crossing the Chasm: Marketing and Selling High-Tech Products to Mainstream Customers (1991). Nah, kira-kira bentuk psikografik masyarakat atas ide baru atau inovasi pada umumnya mengikuti kurva seperti dalam gambar berikut.



Jadi, pada umumnya, betapa sedikitnya orang yang memiliki kecenderungan dan “berani” mengadopsi gagasan baru atau inovasi [yang ditunjukkan oleh segmen paling kiri pada kurva]. Kata konsep ini, sebagian besar orang akan “takut, khawatir, atau rada-rada lelet” dalam menerima ide-ide (gagasan) baru, atau bahkan "menolak" sekalipun ia "tahu" bahwa ide/hal-hal ynag baru tersebut membawa kebaikan bagi dirinya.
Karena itu, saya tidak kecewa kalau yang berani mengikuti lomba posting artikel blog yang memuat ide untuk mendorong kreativitas – inovasi ini teramat-sangat sedikit he he . . . Memang yang beginian akan bikin “ribet” tetapi mungkin tidak mendongkrak pagerank dan popularitas blog sih . . .
Oleh karena itu, sesuai janji saya, apresiasi sangat tinggi saya sampaikan kepada para pelopor dan pemberani dalam menyampaikan gagasannya untuk mendorong kreativitas – keinovasian dalam blog masing-masing, yang telah berpartisipasi dalam lomba ini. Mereka adalah :

SELAMAT, SAYA SANGAT MENGHARGAI PARTISIPASI ANDA SEMUA. Semoga terus menjadi blogger pelopor yang berani menyampaikan gagasan dan menebar semangat mendorong kreativitas – keinovasian, serta memberikan kemanfaatan kepada masyarakat Indonesia melalui blog.
Kepada rekan-rekan pemenang, dimohon dapat menghubungi saya melalui email untuk menyampaikan nama dan alamat pos masing-masing ke tatang_taufik [at] yahoo.com, agar saya dapat mengirim buku ke alamat yang tepat.

Salam.

22 comments:

Umi Rina Sabtu, Januari 17, 2009 7:06:00 AM  

Makasih banyak Pakde atas kepercayaannnya... :)

Anonim,  Sabtu, Januari 17, 2009 7:10:00 AM  

wah-wah-wah selamat-selamat kepada para pemenang lomba, semoga sukses selalu...

Diana Yusuf Sabtu, Januari 17, 2009 9:17:00 AM  

selamat yah atas yang menangnya

Anonim,  Sabtu, Januari 17, 2009 10:17:00 AM  

congratulation yak ....

Anonim,  Sabtu, Januari 17, 2009 12:31:00 PM  

Selamat kepada para pemenang. Nanti tinggal gantian ya bikin kompetisinya, biar Pakde yang jadi pesertanya...

Cheers, frizzy2008.

Anonim,  Sabtu, Januari 17, 2009 4:23:00 PM  

iya nih pakde , zie yg termasuk kecewa karena ga bisa ikutan ...btw kapan lg nih diadain

Tatang Taufik Sabtu, Januari 17, 2009 4:59:00 PM  

Selamat . . selamat, walau hadiahnya hanya sebuah buku . . . Lain kali insya Allah lebih baik.
Saya menunggu emailnya.

Anonim,  Sabtu, Januari 17, 2009 5:03:00 PM  

maaf pakde..baru mampir..mati listrik seharian ..hiks..
Btw congratulation yah buat para pemenangnya..mudah2an lain kali atca bisa ikut pakde..

Pakde Sabtu, Januari 17, 2009 5:28:00 PM  

Wah mas Fahmi (frizzy2008), kalau saya ikut lomba, nafasnya sudah tdk kuat . . . Sudah S4 (Sampun Sepuh Sanget Sih) he he . . .
Mudah2a-n di kesmepatan lain, semakin banyak yang berpartisipasi.
Salam.

Anonim,  Sabtu, Januari 17, 2009 6:15:00 PM  

yah kok ingga baru tw swkarang yah
kapan pak de bikin lomba lagi

Anonim,  Minggu, Januari 18, 2009 2:09:00 AM  

terima kasih pakde.. mt mlm
smoga ada lagi lomba nya :)

Tatang Taufik Minggu, Januari 18, 2009 2:24:00 PM  

@ nuarika : ya mbak Ingga, insya Allah dalam waktu dekat [sedang cari sponsor, biar menarik]. Siap2 saja & rajin mampir ya . . .
@ febry : sama2 & selamat ya.
salam

Penny Minggu, Januari 18, 2009 6:03:00 PM  

selamat kepada para pemenang... terutama ke Umi Rina, TETAP SEMANGAT ya.. teman...

pakde, maaf, saya jadi kelewatan karena kelupaan submit article heheh...
anyway, saya menunggu lomba selanjutnya aja hihiiii

mailita Minggu, Januari 18, 2009 9:48:00 PM  

waduh...ini hari yang saya tunggu2, menunggu pengumuman.
Ketika pengumuman speedy saya error, jadi saya bela-belain pake telkomnet instan.hehehe (gpp mahal dikit)

Trimakasih banyak ya pakde atas apresiasinya kepada saya.saya akirim alamt dan nama saya ke email pakde.
Trimakasih banyak pakde...jadi senenng deh dapet hadiah.hehhe

Dodik Krisdianto Minggu, Januari 18, 2009 11:34:00 PM  

Terimakasih Pakde, sebuah kehormatan buat saya sebagai blogger pemula dan minim pengetahuan soal internet dan urusan tulis menulis mendapatkan kesempatan ini. Mudah-mudahan diwaktu mendatang kalau ada kesempatan seperti ini lebih banyak lagi peminatnya. Jadi semangat nih untuk ngeblog. alamat saya posting disini saja siapa tau ada teman yang mau mampir haha...

Dodik Krisdianto
Jl. M.Saidi No.27 Petukangan selatan. Rt 007/006 Pesanggrahan-Jakarta Selatan

Tatang Taufik Senin, Januari 19, 2009 3:41:00 AM  

Gagasan-gagasan untuk berkreasi - berinovasi ibarat lentera bagi perbaikan. Tetap semangat untuk posting hal-hal positif bagi masyarakat dan perbaikan di negeri kita.
Salam

Anonim,  Rabu, Januari 21, 2009 9:11:00 PM  

makasih atas infonya

Dodik Krisdianto Jumat, Januari 23, 2009 5:06:00 PM  

Terimakasih Pakdhe, hadiahnya sudah saya terima. Ini sungguh luar biasa buat saya. Apresiasi dari Pakdhe mendorong saya untuk lebih semangat membuat posting blog yang orisinil, bertanggung jawab dan bermanfaat. Saya belum berani bicara kualitas, karena sebagai blogger pemula yg masih minim pengalaman, saya sangat butuh bimbingan dari para senior seperti Pakdhe.

Sukses untuk Pakdhe dan blogger Indonesia.

Ditunggu komentarnya di:
http://www.dodikrisdianto.co.cc
http://dodicomp.blogspot.com

Na Minggu, Februari 01, 2009 11:26:00 AM  

salut buat yang dah ikut lomba dan selamat ya buat yang menang...
buat pakde, tetap kasih informasi-informas yang berguna yah...

Saung Web Jumat, September 11, 2009 7:31:00 PM  

Selamat buat para pemenang.. nanti gantian ah bagian aku yg menang hehe salam kenal buat semua

Anonim Rabu, Juli 28, 2010 2:50:00 PM  

selamat...
salam kenal,
need IT???
http://www.linovtech.com

kreditloan Senin, November 08, 2010 10:21:00 PM  

saya juga sedang dalam rangka mendorong kreativitas, ikut bantuin dorong ya bos di blog saya yang masih jalan di tempat, trims
salam

KOMENTAR TERAKHIR

TTM => Teman-Teman Mem-blog

Creative Commons License
Blog by Tatang A Taufik is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 United States License.
Based on a work at tatang-taufik.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://tatang-taufik.blogspot.com/.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP